Kejari Kapuas Hulu Ringkus DPO Buronan Kejari Mempawah.

ringkus DPO

Kejari Kapuas Hulu berhasil meringkus daftar pencarian orang (DPO), Rizky Syahdan merupakan terpidana perkara laka lantas yang menjadi buronan Kejari Kabupaten Mempawah, di Kecamatan Kalis, Rabu (28/3/2018) pukul 18.45 WIB. Kasdum Kejari Kapuas Hulu Mugiono Kurniawan SH menyatakan, perkara yang menjerat terpidana telah memperoleh kekuatan hukum tetap sesuai putusan Kasasi tanggal 27 Februari 2017.

"Dimana sesuai putusan Mahkamah Agung RI, yang pada pokoknya menolak permohonan kasasi terpidana dan dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman berupa pidana penjara selama 5 bulan potong masa penahanan yang telah dijalani terdakwa," ujarnya kepada wartawan, Kamis (29/3/2018). Mugiono menjelaskan, bahwa kejadian lakalantas mengakibatkan matinya orang, yang melibatkan terpidana terjadi pada tahun 2017. Dimana kejadiannya terjadi di wilayah hukum Kejari Mempawah, dan selama proses persidangan terhadap yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan rutan, sehingga ketika perkara yang menjerat terpidana telah inkracht.

"Yang bersangkutan telah dilakukan pencarian oleh pihak Kejari Mempawah namun tidak ketemu hingga diketahui berada di wilayah hukum Kejari Kapuas Hulu untuk melaksanakan eksekusi." ucapnya. Mugiono menuturkan, pada saat eksekusi dilaksanakan , terpidana bersikap kooperatif, sehingga eksekusi dapat berjalan aman dan lancar. "Saat ini terpidana telah berada di Rutan kelas II Putussibau." ujarnya.

Kasi Intel Kejari Kapuas Hulu, Ardhi Prasetyo menyatakan pelaksanaan eksekusi tersebut juga merupakan pengejawantahan Instruksi Jaksa Agung Muda Intelijen untuk melaksanakan program tabur 31.1 (Tangkap Buronan). "Program tabur 31.1 yang dicetuskan Jaksa Agung Muda Intelijen Jan S Maringka ini, bermakna  menangkap buronan dari 31 Kejati di seluruh Indonesia minimal 1 buronan. Program ini pun nyatanya cukup sukses mendorong penangkapan buronan dari setiap daerah di Indonesia," ungkapnya.

Tidak ada Komentar

Tulis Komentar

Identitas Anda sangat diperlukan, Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan.

Statistik : Selasa, 24 April 2018

Sedang Akses : 1 Pengunjung
Hari Ini : 28
Bulan ini : 410
Tahun ini : 2439
Hit hari ini : 87
Total Hit : 17530

Back to Top